Picture
VIVAnews - Penyebab jatuhnya pesawat Sukhoi milik Rusia di Gunung Salak Rabu pekan lalu mudah-mudahan segera terungkap. Sebuah benda yang diduga kuat sebagau black box atau kotak hitam, yang bisa mengungkap sebab musabab jatuhnya pesawat itu, sudah ditemukan. Ditemukan Selasa malam 15 Mei 2012. Sebelumnya sempat beredar kabar bahwa tim evakuasi sudah mengetahui lokasi kotak itu.

Benda yang diduga kuat sebagai kotak hitam sukses ditemukan  Selasa malam itu oleh tim Komando Pasukan Khusus. Benda itu ditemukan di lereng jurang. Sekitar kedalaman 200 meter dari dasar jurang.

Danrem 061 Surya Kencana, Kolonel AM Putranto menuturkan bahwa tidak mudah mengambil benda tersebut. Tim yang terdiri dari empat orang anggota Kopassus pun harus turun menggunakan tali guna menjangkau benda itu lalu mengambilnya.

Turun dengan mengunakan tali itu dilakukan mengingat kemiringan lokasi yang mencapai 85 derajat. 

Ketua regu evakuasi tim Kopassus, Lettu Taufik, mengatakan awalnya mereka mengira kotak itu hanya kotak biasa saja.  "Karena bentuknya sudah tidak seperti semula. Warnanya hitam dan sudah tidak ada penutupnya," katanya. (Lihat foto benda itu)
Kotak tersebut berada di antara pohon-pohon dan terkubur di dalam tanah. Diduga kotak tersebut terlempar akibat ledakan dan terbakar. Tim Kopasus langsung mengangkat benda itu.  "Langsung kami bawa dengan ransel," katanya.

Setelah itu, kotaknya langsung dievakuasi dengan menggunakan jalur darat dari Posko Cimelati. Kini, benda tersebut diamankan di Posko Cipelang.





This is your new blog post. Click here and start typing, or drag in elements from the top bar.
 


Comments




Leave a Reply